♫♫ GABUNG DISINI UNTUK SELALU DAPATKAN UPDATE BLOG ♫♫
♫♫ BLOG iNdOneSiA sAdJa MENYEDIAKAN DOWNLOAD MP3 DAN VIDEO INI HANYA SEKEDAR UNTUK REVIEW SAJA. UNTUK KEPEMILIKAN, BELILAH KASET / CD / VCD / DVD MP3 DAN VIDEO ORIGINALNYA ♫♫
♫♫ PROMOSIKAN GRUP MUSIK / BAND / GRUP DANGDUT dll MILIK ANDA DI BLOG INI. Silakan klik link PROMOSI INDIE ♫♫

27 May 2009

Bandung: Banyak orang yang mengakui keahlian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam memimpin negara dan membawa Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia. Namun ada satu lagi keahlian SBY yang belum diketahui banyak orang, yaitu keahlian membuat rujak cingur. Rujak cingur, adalah makanan khas daerah Jawa Timur.

"Belum tentu Staf Khusus saya bisa," canda SBY. "Rujak cingur itu bumbunya sekitar tujuh macam. Jadi kalau tidak pas komposisinya, ya tidak enak. Cabe, kacang tanah, garam, asam, terasi, petis, dan pisang klutuk yang masih mentah dicampur gula merah. Kalau semuanya sudah dicampur dan pas, tinggal ditambah cingur, tahu, tempe goreng, lalap, bengkuang, dan sayur kangkung," SBY menerangkan.

Menurut SBY, yang membuat enak itu adalah komposisinya. Bagaimana komposisi terasi dengan petis, atau cabe dengan terasi. "Ada seninya itu. Itu tidak bisa dipelajari di Lemhanas atau di S1, S2, S3, sampai S lilin," ujar SBY diiringi gelak tawa para stafnya dan wartawan. " Kalau tidak percaya, kapan-kapan nanti saya undang. Benar, saya serius," tantang SBY.



Presiden SBY dan Ibu Ani santap siang di Warung Nasi Ampera, Jl. Soekarno-Hatta No. 394, Bandung, hari Selasa (26/5) siang. (foto: abror/presidensby.info)
"Jadi, waktu saya tinggal di Malang, Jawa Timur, rumah saya dekat dengan warung rujak cingur. Saya sering perhatikan kalau orangnya sedang masak. Akhirnya sampai punya ketrampilan. Istri saya sampai sekarang belum lulus membikin bumbu rujak cingur. Harus mengakui bahwa saya sedikit lebih baik dalam hal rujak cingur," gurau SBY.

Ketika ditanya mengenai makanan kesukaannya, SBY menjawab soto dan nasi goreng. "Saya menyenangi soto dan ahli makanan soto. Soto kesukaan saya yang pertama adalah Soto Kudus. Kalau di Bandung, Soto Kudus langganan saya di Gandapura. Saya makan di sana mulai dari letnan dua sampai bintang empat, dan pensiun. Soto berikutnya lagi adalah soto Miroso di Yogyakarta. Lantas ada Soto Bangkong, Coto Makassar, Soto Lamongan, Soto Ambengan, Soto Bandung, dan Soto Padang," SBY menjelaskan.

Makanan kesukaan SBY yang kedua adalah nasi goreng. "Kata orang, nasi goreng itu makanan yang kurang kreatif. Kalau bingung memilih makanan yang enak diantara yang enak, biar tidak bingung, pilihan jatuh pada nasi goreng," kata SBY.

Ibu Ani sendiri ahli membuat soto dan nasi goreng. " Sebetulnya karena bapak suka nasi goreng, ibu yang ahlinya juga masak nasi goreng. Mau nasi goreng telor, kornet, atau ikan asin, yang penting nasi goreng. Soto dan nasi goreng memang dua makanan yang sering disajikan di rumah. Kebetulan, Agus dan Ibas juga suka makanan itu. Barangkali juga karena makanan itu yang sering disajikan di rumah, mereka juga senangnya itu," terang Ibu Ani.

Siang hari di Bandung, para wartawan bebas menanyakan apa saja yang berhubungkan tentang makanan kepada SBY dan Ibu Ani. "Kalau pertanyaan tentang politik, nanti saja ya," canda SBY lagi. Dalam suasana yang hangat dan akrab, SBY dan Ibu Ani mengucapkan terimakasih kepada para wartawan dan stafnya karena sudah ditemani makan.

sumber http://www.presidenri.go.id/

0 Comments:

Post a Comment





Kembali ke halaman muka Mohon untuk selain admin untuk jangan klik disini!! PROMOSIKAN GRUP MUSIK / BAND / GRUP DANGDUT dll MILIK ANDA DI BLOG INI. Klik Aku donK!!