♫♫ GABUNG DISINI UNTUK SELALU DAPATKAN UPDATE BLOG ♫♫
♫♫ BLOG iNdOneSiA sAdJa MENYEDIAKAN DOWNLOAD MP3 DAN VIDEO INI HANYA SEKEDAR UNTUK REVIEW SAJA. UNTUK KEPEMILIKAN, BELILAH KASET / CD / VCD / DVD MP3 DAN VIDEO ORIGINALNYA ♫♫
♫♫ PROMOSIKAN GRUP MUSIK / BAND / GRUP DANGDUT dll MILIK ANDA DI BLOG INI. Silakan klik link PROMOSI INDIE ♫♫

23 May 2009

Keluarnya fatwa haram merokok dari MUI, tentu bukan tanpa dasar. Sebab, kalau sahabat sadar, satu batang rokok yang hanya seukuran sembilan senti itu ternyata ibarat sebuah pabrik berjalan yang menghasilkan bahan kimia berbahaya.

Satu batang rokok yang dibakar mengeluarkan kira-kira empat ribu bahan kimia. Menurut Doktor RA Nainggolan (1998), terdapat beberapa bahan kimia yang ada dalam rokok. Di antaranya, acrolein, merupakan zat cair yang tidak berwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Rokok itu sendiri mengandung zat yang sangat terkenal. Apakah itu...? Yup, bener banget! Nikotin. Nikotin adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat. Nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar. Itu sebabnya seseorang bisa merasakan tidak lapar karena merokok.Mengingat banyaknya kandungan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam rokok, sahabat tentu tidak akan menyangsikan lagi kalau rokok itu merupakan sumber bencana dan perusak tubuh bagi yang mengisapnya. Salah satu dampaknya adalah gangguan pada sistem sirkulasi darah, yang akhirnya memicu penyakit jantung. " Kami menggolongkan mereka sebagai ‘perokok sehat’," kata Dr.Johannes Czenim (baca: SHAR’niin), rektor kepala pada Departemen Molekular dan Farmakologi UCLA. Lebih lanjut dikemukakan, walau belum ada indikasi jantung koroner, toh ada abnormalitas yang disebut vosomotion, atau perubahan pada aliran darah.Sementara itu, berdasarkan laporan Badan Lingkungan Hidup Amerika (EPA – Environmental Protection Agency) mencatat tidak kurang dari 300 ribu anak-anak berusia satu hingga satu setengah tahun menderita bronchitis dan pneumonia. Karena turut mengisap asap rokok yang diembuskan orang disekitarnya terutama ayah-ibunya.Selain anak-anak, kecenderungan peningkatan jumlah korban asap rokok juga terlihat pada kaum wanita. Nasib kaum ibu bersuamikan perokok agaknya tak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok.

Penelitian yang dilakukan EPA menghasilkan kesimpulan bahwa dari 30 wanita, 24 diantaranya berisiko tinggi terserang kanker paru-paru bila suaminya perokok.Di bagian lain, menurut para peniliti di Fakultas Kedokteran Universitas New York, wanita yang merokok lebih dari 10 batang per hari memiliki peluang memasuki monopause dini 40 persen lebih besar ketimbang para wanita yang tidak merokok. Dalam studi itu, para peneliti mengamati 4.694 wanita selama lebih dari lima tahun. Ternyata, wanita perokok rata-rata memasuki masa monopause lebih cepat 9 bulan ketimbang wanita yang tidak merokok.Menurut Dr. Fernando Antezana, jika aksi-aksi yang keras tidak segera diambil, epidemi tembakau akan menyebabkan kematian dini sekira 250 juta anak dan remaja yang hidup saat ini. Sementara itu, Kepala Perwakilan WHO (World Health Organization) di Indonesia George Petersen mengungkapkan saat ini sekira empat juta orang mati tiap tahun karena rokok.Akhirnya, sahabat harus bersyukur dengan keluarnya fatwa haram rokok dari MUI.

Setelah sahabat mengetahui kandungan bahan kimia berbahaya dalam rokok dan akibatnya bagi kesehatan manusia, maka alangkah bodohnya manusia yang masih me dan tidak ada niatan untuk berhenti merokok. Buat apa kita dilengkapi akal dan pikiran kalau diri kita tidak dapat memilah-milah mana yang baik dan tidak baik dari sesuatu barang yang akan kita konsumsi..?...Ayo jauhi asap rokok dan jangan mau jadi korban "surga rokok"!


iNdOneSiA sAdJa




0 Comments:

Post a Comment





Kembali ke halaman muka Mohon untuk selain admin untuk jangan klik disini!! PROMOSIKAN GRUP MUSIK / BAND / GRUP DANGDUT dll MILIK ANDA DI BLOG INI. Klik Aku donK!!